Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Siapa sangka jerawat tiba-tiba muncul pada wajah kita, hal ini membuat penampilan menjadi kurang percaya diri dan rasanya sudah malu duluan.

Meminum antibiotik seperti doxycycline, tetracycline, erythromycin, minocycline mungkin bisa mengurangi kemerahan, tetapi membutuhkan waktu beberapa hari kedepan untuk melihat hasilnya, sedangkan untuk kebutuhan bertemu dengan seseorang yaitu esok hari? Apakah ada cara cepat menghilangkan jerawat?

Kemerahan yang timbul bukanlah dari luka. Itu merupakan bentuk peradangan. Ia diawali dengan sebum yang telah melewati dinding folikel. Di dalam pori-pori, sebum ini bercampur dengan sel-sel kulit mati, sehingga menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Hal tersebut menunjukan bahwa bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas bisa merusak jaringan yang bisa menyebabkan peradangan dan juga kemerahan.

Bagaimana untuk cara cepat menghilangkan jerawat ? Ada dua hal yang penting diketahui sebelum berlanjut pada cara menghilangkannya dengan cepat.

Pertama, kemerahan pada jerawat disebabkan oleh efek dari perdangan. Oleh karena itu, perawatan yang digunakan harus bisa menangani dalam masalah peradangan ini.

Kedua, Anda harus memastikan dalam jerawat bisa sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi dampak kemerahan pada jerawat dengan waktu yang cepat.

Ada beberapa cara perawatan alami dan efektif dan sederhana sehingga bisa Anda aplikasikan di rumah untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

Cara 1: Es Batu

Untuk cara cepat menghilangkan jerawat yang memerah, yang tercepat dengan es. Gunakan kain sebagai daya tampung beberapa es baru kemudian letakkan pada bagian wajah yang terkena infeksi. Diamkanlah beberapa menit kemudian ulangi sampai kemerahannya hilang. Pastikan terlebih dahulu jangan menekan dengan keras, karena ini bisa menimbulkan luka dan menyebabkan bakteri masuk pada area itu.

Cara 2: obat tetes mata

Baca Juga :  Sudah Tahu Penyebab Komedo Putih dan Rekomendasi Skincarenya?

Obat tetes mata di dalamnya terkandung tetrahydrozoline hydrochloride yang berguna untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat.

Caranya, letakkan kapas yang sudah terbasahi oleh obat tetes mata di dalam freezer dan diamkan semalaman. Kemudian keesokan harinya, letakkan kapas tadi di atas jerawat selama beberapa menit.

Disaat cairan tetes mata menyerap ke kulit, akan ada penyempitan pada pembuluh darah dengan sementara.

Hal ini bertujuan agar kemerahan pada jerawat bisa berkurang. Jika kemerahan tak berulang, ulangi dengan cara yang sama.

Cara 3: aspirin

Aspirin tidak hanya untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mampu mengurangi perdangan karena mengandung asam salisiat yang akan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pada pembuluh darah.

Untuk mengatasi jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh, kemudian tambahkan air dan oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester sebagai pelindung dan diamkan selama 30 menit.

Cara 4: pasta gigi tanpa mint, tanpa flouride

Pasta gigi merupakan salah satu obat yang sering dikatakan mampu mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal tersebut bekerja karena dalam pasta gigi mengandung silica, yang membantu dalam mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tak perlu menggunakan pasta gigi yang terkandung flouride, karena bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu munculnya lebih banyak jerawat.

Cara 5: makeup

Anda bisa menggunakan sebuah make up guna menyamarkan kemerahan. Saat ini sudah banyak berbagai kosmetik yang sudah tersedia dan tidak berminyak serta non-komedo. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar mineral dengan menggunakan silica, titanuim dioksida, dan zinc oksida dikarenakan bahan-bahan ini tidak mengiritasi kulit. Bahan ini pun berfektif mampu menghilangkan minyak dari kulit guna menutupi kemerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *