Masker Wajah Alami yang Mudah Didapatkan

Bagi Anda yang terbiasa melakukan perawatan kulit menggunakan masker, pasti terbiasa meracik sendiri masker yang dapat dipakai secara instan atau dari bahan alami. Masker instan yang beredar di pasaran, umumnya berbentuk bubuk yang bisa dicairkan dengan air mawar atau air biasa, atau masker langsung pakai yang berbentuk seperti topeng. Sedangkan masker wajah alami yang paling umum digunakan adalah masker bengkoang, masker mentimum, masker minyak zaitun atau masker putih telur.

Walaupun masker pada wajah bermanfaat untuk membersihkan wajah, mengencangkan kulit atau bahkan menyehatkan kulit wajah, namun alangkah baiknya bila maskeran tidak dilakukan setiap hari. Mengapa demikian? Karena memakai masker secara berlebihan dapat mengiritasi dan menipiskan lapisan kulit. Wajarnya, aplikasikan masker pada wajah satu atau dua kali seminggu.

Segala sesuatu yang bersifat alami, biasanya lebih baik dan teruji khasiatnya. Tak terkecuali dengan masker yang akan Anda pakai. Namun tidak ada salahnya, jika sesekali menggunakan masker instan dengan syarat memperhatikan kandungan dan keaslian produk tersebut.

Sering kali orang malas menggunakan masker karena bahannya yang susah didapat atau harga yang tidak terjangkau. Padahal, maskeran tidak wajib menggunakan bahan mahal, cukup manfaatkan bahan di sekitar atau di dapur, Anda bisa meracik sendiri masker wajah alami. Berikut adalah bahan masker yang mudah Anda peroleh dan harganya terjangkau.

  1. Masker Putih telur

Bagi ibu rumha tangga, telur merupakan bahan makanan yang wajib ada di rumah. Protein yang terkandung dalam putih telur, tak hanya baik sebagai zat pembangun, namun juga sebagai masker wajah yang berjerawat.

Terkadang, bila wajah sedang berjerawat, kegiatan maskeran mutlak dihentikan, karena takut memperparah jerawat yang timbul. Dikhawatirkan masker menutup pori-pori pada jerawat sehingga menimbulkan iritasi. Namun dengan menggunakan putih telur, wajah berjerawat sekalipun dapat menggunakan masker, berikut caranya.

  • Cukup oleskan putih telur pada wajah yang telah dibersihakan secara merata
  • Pada bagian yang berjerawat bisa diolehkan lebih tipis
  • Kemudian, diamkan hingga masker putih telur kering. Bilas wajah Anda dengan air bersih.
  1. Masker Mentimun
Baca Juga :  Ketahui Cara Cek BPOM Agar Aman Beli Kosmetik yuk Girls

Semua orang kenal khasiat dari mentimun. Tak hanya untuk kulit wajah, kadar air yang cukup tinggi pada mentimun sangat bagus untuk rambut, kulit, mata dan dikonsumsi langsung. Maka tak heran bila mentimun selalu tersedia di rumah, entah untuk dijadikan bahan makanan atau bahan masker.

Cara mudah membuat masker mentimun adalah dengan mengerok daging buahnya, untuk dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Masker ini bisa langsung digunakan pada wajah, namun bila ingin hasil yang lebih maksimal, bisa dicampur dengan bahan lain seperti air mawar.

  1. Masker Bawang putih

Bumbu dapur ini pasti ada dalam daftar list belanjaan bukan? Bahan yang murah meriah ini bisa digunakan sebagai masker wajah alami bagi kulit yang berjerawat. Walaupun memiliki aroma yang tajam dan menyengat, namun kandungan antibakteri, antiseptik dan antioksidan pada bawang putih mampu menyehatkan kulit wajah. Penggunaan masker bawang putih juga tergolong mudah, berikut caranya.

  • Anda bisa menghaluskan bawang putih lalu langsing dioleskan pada wajah atau menggosok bawang putih uang telah dibelah dua pada permukaan kulit wajah.
  • Setelah itu diamkan beberapa saat hingga terasa menyerap dan kering di kulit. Bilas sisa bawang putih dengan air hangat. Masker ini bisa anda gunakan seminggu dua kali untuk mengempiskan masalah jerawat.

Itulah beberapa jenis masker yang bisa Anda buat di rumah. Bahannya mudah didapatkan di dapur atau sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *